Sejarah Desa


  1. Asal usul Desa Lengkong

Beberapa keterangan tokoh masyarakat yang dituakan di Desa Lengkong, menceritakan asal mula Desa Lengkong pada  tahun 1821, dimana terdapatperkampungan penduduk yang rumahnya terbuat dari pohon pakis atau galar dan atapnya terbuat dari alang-alang. 

  • waktu itu kampung tersebut belum memiliki nama, hingga pada suatu hari ada seorang kakek yang datang kedesa bertujuan untuk bertapa atau menghadap Yang Maha Kuasa melalui semedi . Tempat untuk melakukan pertapaan tersebut kebetulan bersanding dengan pemukiman penduduk tersebut. Pertapa tersebut adalah bangsa tionghoa yang bernama bah  “HEI LEM KOM“. Pertapa tersebut memberikan nama kepada permukiman tersebut dengan mengambil istilah tempat pertapaanya, yaitu sebuah Leng atau Sumur dan Kerbau Lari yang mampak dari  belakang (Lemkom). Hingga sekarang menjadi mitos bahwa penduduk Lengkong tidak bisa memelihara kerbau dan lele. Sedangkan kondisi leng atau sumur yang digunakan untuk semedi sampai sekaranag masih ada dan terawat dengan baik, yang terletak di sebelah barat Desa Lengkong, dipegunungan antara Gunung Arum,Sindoro, dan Kembang . Di tempat tersebut masih banyak dijumpai tempat-tempat keramat.
  1. Peminpin Desa

Masa kepemimpinan pemerintahan Desa Lengkong sejak tahun 1820 hingga sekarang adalah sebagai berikut

  1. Kades  I  KALIPO                             30 Tahun  (1820 – 1850)
  2. Kades  II SADRANA                        30 Tahun  1850  -  1880
  3. Kades  III WANGSA PAWIRA          33 Tahun  1880 -  1913
  4. Kades  IV  KRAMA DURIA               31 Tahun  1913 – 1944
  5. Kades  V  WARSO MIHARJO          32 Tahun  1944 – 1976
  6. Kades  VI  SINARHADI  SENO         14 Tahun  1976 – 1990

Pada masa kepemimpinan Kades Sinarhadi, Desa Lengkong mulai mengenal pembangunan jalan yang dapat dilewati dengan roda empat , memperlebar jalan dan jembatan, meningkatkan pendidikan dengan membuat SD 2 Inpres Lengkong, menggagas pecah bumbungpembayaran PBB, pembangunan sarana prasarana olah raga berupa lapangan bola,dan penggalakan posyandu.

 

 

  1. Kades  VII  HARMANTO                    8 Tahun  1990 – 1998

Pada masa kepemimpinan kades Klinti Harmanto, Desa Lengkong mulai mengenal pembangunan rehab rolak jalan dan senderan jalan.

  1. Kades  VIII BARMONO                      8  Tahun 1998 – 2006

Pada masa kepemimpinan kades Barmono, Desa Lengkong mulai mengenal pembangunanair bersih dan senderan jalan ke bulu lengkong.

  1. Kades IX SAHRO SIGIT RAHARJO   2006  -  2019

Pada masa kepemimpinan kades Sahro Sigit Raharjo, Desa Lengkong mulai mengenal pembangunan SDM di semua sektor yang ada didesa mulai pendidikan anak usia dini, wajar dikdas 9 tahun, pemberdayaan masyarakat,pemberdayaanperekonomian mikro rakyat, dan pembangunan infrastruktur sepertiMCK umum, air bersih, rumah tidak layak huni. Sektor kesehatan masyarakat dan penyadaran hukum juga mulai diperhatikan pada masa kepemimpinan ini.

  1. Kades X AGUS SETYAWAN 2019 - sekarang


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://lengkong-garung.wonosobokab.go.id

-Desa Lengkong, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo