Letak Geografi


  1. Letak Geografi

Desa Lengkong merupakan salah satu dari 15 desa/kelurahan di Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo yang terletak di sebelah utara kota Wonosobo dengan jarak dengan ibu kota kecamatan sejauh 7km dan jarak dengan ibu kota Kabupaten Wonosobo 7 km yang dapatditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit.

Desa Lengkongterletak pada ketinggian 1.294 meter dari permukaan air laut, sedangkan topografisnya berada disebelah barat lereng gunung sindoro dengan suhu udara 15-300  Celcius dan curah hujan sebanyak 348 mm dengan jumlah bulan hujan sebanyak 8 bulan.

Desa Lengkong memiliki luas wilayah 448.478,05 Ha, yang secara administratif terbagi menjadi  3 (tiga) dusun yaitu Dusun Lengkong,Dusun Bulu, dan Dusun Salaman, serta ada 8 RW dan 21 RT.

Gambar 1

Peta Desa Lengkong

 

 

  1. Batas desa

Batas wilayah Desa Lengkong Kecamatan Garung adalah :

  • Sebelah Utara        :  Desa Gemblengan dan Kayugiyang Kecamatan Garung
  • Sebelah Selatan     :  Desa  Keseneng Kecamatan Mojotengah
  • Sebelah Barat         :  Kelurahan Andongsili Kecamatan Mojotengah
  • Sebelah Timur        :  Gunung Sindoro

Dengan demikian Desa Lengkong merupakan desa yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Garung dan Kecamatan Mojotengah.

 

  1. Peruntukan Lahan

Luas Lahan Desa Lengkong sebanyak 448.478,05 Ha, yang peruntuntukannya terbagi sebagai berikut :

  •  

Tanah fasilitas umum : 20.536 Ha

Tanah hutan: 106.000 Ha

Pekarangan : 23.827 Ha

  •  

Perkantoran : 1 Ha

Desa Lengkong merupakan daerah pegunungan dengan iklim sejuk, sehingga sangat mendukung pengembangan ekonomi terutama pada sektor pertanian. Komoditi utamapertanian yang dihasilkan antara lain: tembakau, kubis, buncis, cabe, jagung, ubi kayu dan ubi jalar.

Dalam beberapa tahun terakhir ini hasil pertanian dapat dikatakan meningkat dikarenakan penyedian pupuk yang cukup dan kondisi cuaca yang mendukung. Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian supaya lebih optimal, diperlukan proses pemasaran yang dekat dan pelatihan – pelatihanyang berguna untuk penanganan pertanian yang lebih maju.

Dengan mempertimbangkan kondisi geografis dan potensi peruntukan lahan Desa Lengkong dimana terdapat wilayah hutan negara seluas 106.000Ha dengan potensi wisata alamnya, maka perlu terdapat peluang pengembangan ekonomi dari sektorpariwisata.

 

 

  1. Kependudukan
  2. penduduk Desa Lengkong sebanyak 2.606 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 1.300 jiwa , perempuan 1.306 jiwa. Sedangkan jumlah Kepala Keluarga ada sebanuak 764 keluarga dengan kepadatan penduduk 534 jiwa/km.

Tabel 1

Jumlah Penduduk Berdasar Jenis Kelamin

Jenis Kelamin

  •  
  •  

1.300 Jiwa

  •  

1.306 Jiwa

  •  
  1. Jiwa

Sumber Data : Profil Desa Lengkong Tahun 2018

Sejarah Desa

Asal usul Desa LengkongBeberapa keterangan tokoh masyarakat yang dituakan di Desa Lengkong, menceri



Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://lengkong-garung.wonosobokab.go.id

-Desa Lengkong, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo